Monday 23 May 2016

Tips Menghilangkan Sikap Plin-plan, Solusi bagi Anda yang Sering Tidak Konsisten



Definisi Plin-plan
Kata plin-plan sering kita jumpai, dan sering kita artikan sebagai ”tidak berpendirian tetap”.
Kepribadian yang selalu berubah-ubah karena dipengaruhi oleh kebutuhan yang dikehendaki dan jiwanya terombang-ambing oleh godaan yang membingungkannya untuk memilih keputusan.

Sikap plin-plan tentu saja memiliki efek yang besar terhadap penyeslesaian suatu masalah, baik masalah besar ataupun kecil. Selain itu, orang yang tak berpendirian tetap kebanyakan rendah dalam pengambilan keputusan dan pengambilan pelajaran dalam kehidupan, sehingga kedewasaan diri kurang bisa dicapai oleh orang tersebut.
Oleh karena itu, sikap plin-plan haruslah segera diubah dengan cara memperbaiki ataupun mengubah pola pikir seseorang, dengan cara membangun komitmen pada diri sendiri dan memiliki tujuan hidup yang jelas. Orang yang memiliki sikap plin-plan biasanya memiliki ciri sebagai berikut:

1. Hal yang dikatakan berbeda dengan perbuatan yang sebenarnya
2. Sikapnya cepat sekali berubah bahkan dalam waktu singkat
3. Selalu mencari alasan, dengan kesan untuk menutupi suatu hal yang disembunyikan
4. Tidak mempunyai tujuan dan ambisi yang jelas, karena mudah dipengaruhi oleh lingkungan dan stimulus lainnya.


Solusi utama agar Anda bisa mengubah sikap plin-plan terletak pada pola pikir, ubahlah pola pikir Anda, agar memiliki visi yang jelas dalam menjalani hidup, yaitu dengan cara :
1. Berpikir Konkrit dan Realistis
Berpikirlah sesuai kenyataan yang ada, jangan biasakan mengada ada dan terlalu mendramatisir suatu kejadian. Dan juga, siapkan mental pada diri Anda ketika dihadapkan dalam sebuah kasus permasalahan baik kecil ataupun berat, agar proses menuju kedewasaan bisa Anda capai. Tentu saja dalam proses ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam mengarunginya.

2. Hilangkan Pikiran Negatif, Mulailah Berpikir Positif
Jangan mudah mencurigai orang lain. Belum tentu orang lain yang Anda pikirkan memiliki sifat buruk seperti yang Anda bayangkan. Mungkin itu hanyalah salah satu efek dari sikap Anda yang sering mendramatisir suatu masalah. Jadi jangan mudah menuduh orang dalam suatu masalah. Buktikan terlebih dahulu kebenaran yang ada. Sebab kepercayaan seseorang tidaklah mudah diberikan kepada orang lain. Jagalah kepercayaan itu. 

3. Anda Suka Berkhayal? Stop!
Jangan suka berkhayal. Kadang sesuatu yang ada dalam khayala Anda merupakan sesuatu yang berlebihan sehingga memunculkan sikap tidak percaya diri, pesimis, tidak tegas dalam menjalani hidup, dan sikap negatif lainnya. Sebab itulah, mari mulai berpikir hal-hal yang baik. Tidak perlu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah. Karena apa yang Anda khayalkan bisa jadi merupakan sebuah sugesti, hingga hal itu benar-benar tertanam dalam mindset Anda.  Efeknya, Anda hanya akan berpikir negatif sepanjang waktu.


Demikianlah beberapa tips dari saya, sejatinya sikap plin-plan adalah manusiawi. Namun jika hal itu terus saja berlanjut dalam hidup Anda tentu saja tidak baik, karena menyebabkan keburukan yang akan membuat hidup Anda tidak konsisten. Mulailah belajar, pelajari segala hal selagi Anda bisa, karena proses menuju kedewasaan adalah diawali dari belajar. Dan pembelajaran terbaik adalah dari sebuah masalah (pengalaman).
*source image : Google Image

4 comments:

Penulis tunggu komentar-komentar yang bersifat membangun dan bermanfaat dari anda.